Senin, 04 Januari 2016

Danau Maninjau, Pesona Kaldera yang Memukau



Salah satu tujuan wisata di Sumatera Barat yang tak boleh dilewatkan adalah Danau Maninjau.
Terletak di Kabupaten Agam serta berjarak 140 km dari Padang, 36 km dari Bukittinggi, dan 27 km dari Lubuk Basung (Ibukota Kabupaten Agam), danau ini menawarkan keindahan yang tiada tara.

Sumber gambar: www.maps.google.com
Danau Maninjau merupakan kaldera yang terbentuk dari letusan sebuah gunung api strato komposit yang berkembang di zona tektonik sistem Sesar Besar Sumatera (menurut legenda setempat bernama Gunung Sitinjau).
Besarnya letusan menghamburkan material sebanyak 220-250 km3 sampai sejauh 75 km dari pusat letusan.


Dengan luas sekitar 99,5 km2, kedalaman maksimum 495 meter dan terletak di ketinggian 461,5 meter di atas permukaan laut, Danau Maninjau merupakan danau terluas ke-11 di Indonesia.


Keindahan danau dapat pula kita nikmati dari ketinggian 1.210 meter di atas permukaan laut, yaitu di Puncak Lawang, puncak tertinggi dari perbukitan di sekitar Danau Maninjau.


Dari tempat ini, sejauh mata memandang kita akan dimanjakan oleh pemandangan langit yang biru berpadu dengan kemilaunya air danau serta perbukitan hijau yang mengelilinginya.


Bila sedang beruntung, kita dapat menyaksikan cantiknya pantulan sinar matahari yang jatuh sempurna di permukaan danau, seolah menembus awan-awan yang menghalanginya.





Suhu udara di Puncak Lawang ini terasa lumayan dingin disertai hembusan angin yang sangat kencang.
Oleh karenanya kita harus berhati-hati bila berdiri di sana, karena tempatnya sangat terbuka dan langsung berhadapan dengan tebing di bawahnya.


Bila kita berkendara dari Bukittinggi menuju Danau Maninjau kita akan melewati jalan berkelok-kelok tajam sepanjang kurang lebih 10 km yang dikenal dengan nama Kelok 44.




Selain sebagai tujuan wisata, Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai Batang Sri Antokan di mana di hulunya terdapat PLTA Maninjau.


Begitulah, tak selamanya letusan gunung berapi merupakan musibah, namun sering kali menjadi berkah bagi umat manusia, khususnya penduduk dan lingkungan setempat, juga bagi kita, para penjelajah alam.

Jadi, jangan sampai nggak mampir ke danau cantik ini yaa :).

___

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Maninjau
https://ermala.wordpress.com/2012/10/02/danau-maninjau-sumatera-barat/





Related Posts:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar