Senin, 18 Agustus 2014

Selalu Ada Kesempatan…



(Tulisan ini pernah dipublikasikan dua tahun yang lalu di blog saya terdahulu).

Jum’at, 6 Juli 2012, 17:42.

“PING!”
“Masih ingat tempat warga yang dibantu MCK sehatnya?”
“Ternyata terjadi kebakaran.”

Baris-baris kalimat di Blackberry Messenger (BBM) segera mengalir beruntun petang itu, dari seorang sahabat di komunitas TDA Bekasi, mengabarkan berita duka tentang kebakaran di pemukiman kumuh di belakang ex Pasar Proyek, Bekasi.
Di lokasi itu sekarang sedang dibangun “Bekasi Junction”, pusat perbelanjaan yang-kabarnya-akan menjadi pusat belanja dengan konsep baru yang akan menjadi kebanggaan warga Kota Bekasi. Wowww!!

Apakah ada hubungannya antara pembangunan dan kebakaran? Entahlah..


Yang pasti, sepanjang petang, malam, dan esok paginya koordinasi melalui BBM terus berlangsung dengan berbagai komunitas yang peduli dengan hal-hal seperti ini.

Meskipun dengan segala keterbatasan resources, Alhamdulillah banyak sahabat yang peduli, diantaranya para anggota Mastermind I-Moms TDA Bekasi, ALSTE ’91, Muslimah TI ’91 STT Telkom, JAWARA, WIN, MP4P, sampai ibu-ibu warga RT 07 perumahan Taman Cikas – Bekasi pun tergerak untuk berbagi, sehingga terkumpullah berbagai barang kebutuhan dan nominal rupiah yang siap dialokasikan kepada para korban.

Ahad sore, 8 Juli 2012, kami berdelapan dari komunitas TDA Bekasi mewakili para sahabat tadi diberi kesempatan oleh Allah untuk langsung bertemu dengan para korban di lokasi, berinteraksi, bersimpati, dan berbagi.
Tidak banyak gambar yang terdokumentasi, hanya sedikit yang sanggup kami abadikan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para donatur:
  

Tentu saja mereka masih harus survive, berjuang untuk hidup selanjutnya, dan berharap masih ada kesempatan untuk kehidupan yang lebih baik, meskipun untuk makan malam saja harus menunggu nasi matang (dari dapur umum) pada tengah malam, meskipun anak-anak balita harus tidur di bawah tenda berteman dinginnya malam hanya dengan selembar selimut tipis, meskipun untuk membasuh badan harus antri bergantian di MCK sehat hasil donasi para donatur, meskipun harus “menghancurkan” sisa-sisa bangunan untuk dibangun kembali (bila ada biaya), dan meskipun-meskipun lain yang terbentang di depan mata…

Dan tentu saja-insya Allah-selalu terbuka kesempatan bagi kita untuk selalu peduli dengan mereka dan “mereka-mereka” yang lain.

Terimakasih banyak terutama kehadirat Allah Subhanahu wa ta’ala atas kesempatan ini, juga untuk para sahabat yang telah peduli, kepada pak Enjang Muharim owner @juragancatering yang selalu mengajak “terjun langsung” ke lokasi bencana, untuk mas Adhi owner @bebekjudesresto yang dengan tangan terbuka bersedia menjadikan Resto-nya sebagai Posko Bantuan (btw, bebek-nya uenaaaakkkkkkk deh.. hehehe… *oot*), dan tentu saja kepada komunitas TDA Bekasi yang selalu mengajak untuk peduli.

Semoga Allah berikan keberkahan dan balasan yang berlipat ganda atas kelapangan hati sahabat semua.
Amiin.

-Bekasi, 9 Juli 2012-


Note:
Saat ini di lokasi tersebut telah berdiri pusat perbelanjaan sesuai yang direncanakan.
Dan mereka yang menjadi korban, entah berada di mana sekarang :(




Related Posts:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar