Jumat, 06 Oktober 2017

Adab Berhari Raya (Adab Al-'Ied) - 3

Melanjutkan tulisan sebelumnya:

Adab-adab lain terkait hari raya:
  • Tidak menyembelih kurban kecuali setelah Shalat 'Ied
Nabi Sahallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
"Seungguhnya hal pertama yang kita lakukan pada hari ini adalah shalat, kemudian kembali untuk menyembelih. Barang siapa yang telah melakukan itu berarti telah melaksanakan sunnahbkita
Barang siapa menyembelih sebelum shalat maka itu hanya daging untul keluarganya, bukan sembelihan kurban apa pun." 
Hadits ini menunjukkan bahwa disunnahkan tidak menyembelih kurban kecuali setelah selesai shalat.
  • Penyembelihan hendaknya dilakukan di tempat shalat
Setelah selesai shalat dan khutbah 'Iedul Adha, disunnahkan menyembelih di tempat shalat karena Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam berkurban atau menyembelih di tempat shalat.
Meski demikian, menyembelih di tempat lain pun diperbolehkan, disamping juga akan menyulitkan jika ribuan orang menyembelih di tempat shalat yang sama.
  • Bersalaman dengan saudara dan saling mengucapkan selamat di antara orang yang shalat
Bersalaman dengan saudara dan saling mengucapkan selamat di antara orang yang shalat akan membahagiakan juwa dan merasakan kembiraan pada hari 'Ied.
Hal ini berdasarkan keumuman hadits yang menganjurkan untuk itu.
Tidak ada ucapan khusus yang disebutkan pada saat bersalaman, namun hendaknya mendoakan, memohonkan keselamatan, dan mengucapkan selamat kepada mereka, atau mengucapkan:
"Taqabbalallahu minnaa wa minkum"
(Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian) - Al Hawi lil Fataawaa (I/81). Beliau pun membawakan banyak riwayat dari Sahabat dan Tabi'in tentang hal ini.
  • Pulang melalui jalan lain
Hendaknya orang yang shalat pulang ke rumah melalui jalan lain, berbeda dengan jalan yang dilalui pada saat berangkat, sebagaimana yang dilakukan Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang memilih jalan yang berbeda pada hari 'Ied (HR. Al-Bukhari [986] dari Jabir Radhiyallahu 'Anhu).
Disebutkan juga bahwa beliau keluar pada hari 'Ied dengan berjalan dan shalat tanpa adzan dan iamat, kemudian pulang ke rumah melalui jalan yang lain.
Yang demikian itu untuk menunjukkan kebesaran 'Ied, sehingga bumi akan bersaksi bagi siapa yang melaluinya untuk shalat atau pulang.
Selain itu juga untuk menunjukkan kebahagiaan dengan hari raya kepada banyak orang, mengucapkan salam dan selamat serta ucapan-ucapan lainnya untuk mereka.
  • Bersilaturrahim
Menjalin silaturrahim wajib dilakukan setiap waktu, dan semakin dianjurkan pada saat hari 'Ied.
Adab ini akan membuat senang keluarga sehingga mereka bisa merasakan kebesaran hari 'Ied, apalagi jika disertai dengan pemberian hadiah untuk anak-anak, wanita, dan yang lainnya.
  • Tukar menukar hadiah
Dilakukan baik dengan tetangga maupun selainnya.
Selayaknyan kita menghadiahkan makanan dan mengunjungi mereka.
Dianjurkan pula mengajak anak-anak mengunjungi anak-anak kurang mampu yang membutuhkan, agar mereka bisa merasakan keagungan hari 'Ied.
Disunnahkan juga menghadiahi mereka baju baru, uang, dan sebagainya.
Semuanya memberikan kebahagiaan bagi sesama muslim yang membutuhkan.
Sesungguhnya di dalamnya terdapat pahala yang besar.
  • Membahagiakan orang lain
Dianjurkan membuat bahagia anak-anak pada hari 'Ied agar mereka merasakan kegembiraan dan keagunghan hari 'Ied, misalnya dengan membawa mereka ke tempat bermain yang mubah, yang tidak ada perkara haram di dalamnya, atau membawa mereka ke kebun untuk bermain-main dan bersenang-senang, atau membelikan mainan baru agar mereka merasa bahwa hari "ied tidak sama dengan hari lainnya.
  • Bersungguh-sungguh berbuat taat kepada Allah dan meninggalkan maksiat
Perlunya bersungguh-sungguh berbuat taat dan meninggalkan maksiat disebabkan karena banyaknya orang yang melakukan kemaksiatan pada hari raya dengan alasan untuk menenangkan jiwa dan bersenang-senang.
Akibatnya, kaum wanita bersolek menampakkan aurat, bahkan para pemuda pun bersolek seperti mereka.
Selain itu tersia-sialah waktu dengan menonton bioskop, menonton film, mendengarkan musik, duduk-duduk di pinggir jalan, dan perbuatan maksiat lainnya yang membuat Allah murka.
Apabila seorang muslim beradab dengan adab Islami pada hari raya, taat kepada Allah pada saat gembira, dan mengetahui hak-haknya sebagaimana mengetahuinya pada saat sempit, niscaya ia akan menjadi hamba Allah dalam setiap waktu dan kondisi.
Wallahu a'lam bishshawab.
Adab Berhari Raya (Adab Al-'Ied) -2

***
 
Sumber:
'Ensiklopedi Adab Islam Menurut al-Qur'an dan as-Sunnah - Jilid 2' ('Abdul 'Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada, Pustaka Imam Asy-Syafi'i, Jakarta,Shafar 1434 H/Januari 2013 M).

 

***

#ODOPOKT4
#BloggerMuslimahIndonesia 
 





Related Posts:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar