Minggu, 24 Desember 2017

Berbagi dari Hati, untuk Menjadi Solusi

Berbagi dan menjadi solusi.
Dua hal yang membawa kebaikan dan harus selalu kita amalkan.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur'an:
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)
Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya mengatakan, “Ayat ini sangat memotivasi hati untuk gemar berinfak. Ayat ini merupakan isyarat bahwa setiap amal sholih yang dilakukan akan diiming-imingi pahala yang berlimpah bagi pelakunya. Sebagaimana Allah mengiming-imingi tanaman bagi siapa yang menanamnya di tanah yang baik (subur). Terdapat dalam hadits bahwa setiap kebaikan akan dilipatgandakan hingga 700 kali lipat”. Inilah permisalan yang Allah gambarkan yang menunjukkan berlipat gandanya pahala orang yang berinfak di jalan Allah dengan selalu selalu mengharap ridho-Nya.

Demikianlah janji Allah bagi umat-Nya yang gemar berinfak (berbagi).
Sedangkan terkait menjadi bagian dari solusi, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam:
'Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, 'Barangsiapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika didunia maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan (kesedihan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat. Dan barangsiapa yang menutup aib orang muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya'." (HR. Muslim).
Berbagi bisa dilakukan dengan apapun yang kita miliki.
Selain harta kita juga bisa menyumbangkan tenaga. pikiran, bahkan lewat tulisan yang menebarkan manfaat bagi banyak orang.
Sebagai blogger, salah satu tugas kita adalah menyuarakan gaya hidup saling berbagi dan menjadi solusi bagi berbagai persoalan yang ada di sekitar kita.

Kali ini kami ingin menceritakan sebagian dari perjalanan kegiatan sosial/kerelawanan yang pernah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir;
  • Pemeriksaan kesehatan gratis dan penyerahan bantuan untuk korban erupsi Gunung Merapi di Magelang (Jawa Tengah) tahun 2010 bersama Alumni SMA 3 Semarang (ALSTE)
Kami sempat melaksanakan pemeriksaan kesehatan di beberapa titik. Ironisnya, di salah satu lokasi, beberapa hari setelah kami melaksanakan kegiatan ini erupsi kembali terjadi dan melanda desa tersebut.
Berikut ini foto-foto kondisi desa dan jalan yang kami lalui tak lama setelah terjadi erupsi, dimana abu vulkanik masih tampak jelas menutupi hampir seluruh permukaan yang ada.








  • Bakti sosial berupa penyerahan paket sembako bagi warga dhuafa di perkampungan nelayan di Cilincing, Jakarta Utara tahun 2011
Saat itu kami (bertiga) membawa sendiri paket-paket yang akan diserahkan, datang langsung ke perkampungan nelayan yang relatif kumuh kondisinya.



Alhamdulillah, meskipun tak banyak, paket sembako yang kami bagikan diterima dengan suka cita oleh para warga di sana.


 

  • Penyerahan bantuan serta pemulihan trauma (untuk anak-anak) bagi korban kebakaran di daerah Proyek, Kota Bekasi tahun 2012 bersama komunitas Tangan di Atas (TDA)



  • Bakti sosial dan penyerahan bantuan untuk korban banjir di Muaragembong, Kabupaten Bekasi (beberapa kali) bersama beberapa komunitas
Kami menuliskannya dalam beberapa postingan:







  • Penyerahan bantuan untuk anak-anak di Sekolah Kami (sekolah untuk anak-anak pemulung) di Bekasi bersama Woman Preneur Community (WPC)
 
  


  • Khitanan massal untuk anak-anak dhuafa di Cijantung, Jakarta Timur bersama komunitas JAWARA

  • Penyerahan bantuan untuk pengungsi korban erupsi Gunung SInabung (Sumatera Utara) bersama gerakan Donasi Buku
  • Menginisiasi program Donasi Buku untuk taman bacaan, perpustakaan, sekolah, dan lembaga-lembaga sejenis di seluruh Indonesia. Informasi lebih lengkap mengenai kegiatan ini dapat dilihat di web www.DonasiBuku.com
Kami juga telah menuliskan profilnya di sini: http://www.endahwidowati.com/2017/09/tumbuhkan-masyarakat-cinta-membaca.html


Bukan bermaksud pamer atau riya', namun kami membagikannya agar sahabat semua juga termotivasi dan terpacu untuk selalu menjadi bagian dari solusi, salah satunya dengan berbagi.
Yakinlah, dengan berbagi, apalagi bila kita melakukannya dari hati, dengan ikhlas, in sya Allah keberkahan akan mendatangi kita, juga pahala seperti yang Allah janjikan dalam ayat di atas.

Jadi, mari berbagi dari hati, untuk menjadi solusi.

***


* Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #BulanKemanusiaan Dompet Dhuafa
* Pahlawan, Hero Zaman Now #HeroJamanNow #MembentangKebaikan Donasi
 


Referensi: 
www.eramuslim.com
www.rumaysho.com



Related Posts:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar