Senin, 07 Agustus 2017

Minuman yang Disukai Rasulullah

Kita telah sedikit mempelajari beberapa jenis makanan yang disukai Rasulullah dalam tulisan sebelumnya (Makanan yang disukai Rasulullah).

Berikut ini jenis minuman yang Rasulullah sukai dan kebiasaan minum yang harus dihindari karena kurang baik dampaknya bagi kesehatan tubuh kita.



Minuman yang disukai Rasulullah:
  • 'Aisyah meriwayatkan bahwa Minuman yang paling disukai Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah minuman manis yang dingin (HR Tirmidzi). Beliau pernah minum madu yang dicampur dengan air dingin. Minuman manis mengandung banyak kalori untuk memasok energi bagi tubuh sedangkan air dingin baik bagi lambung untuk mencegah peradangan dan infeksi.
  • Rasulullah menyukai air putih. Beliau lebih menyukai air putih yang telah diendapkan daripada air putih lainnya karena butiran-butiran debu di dalamnya telah mengendap dan bakteri-bakterinya telah mati. Dengan demikian air itu menjadi air tawar yang jernih dan menyegarkan.
  • 'Aisyah meriwayatkan bahwa Rasulullah menyukai air putih yang berasal dari mata air as-Suqya (HR Abu Dawud). As-Suqya berada di antara  kota Madinah dan lembah Shafra.
Kebiasaan yang harus dihindari: 
  • Minum saat sedang makan.
  • Minum air yang terlalu panas atau air dingin seperti es, dan air yang mengandung gas karena akan membebani lambung (membutuhkan waktu lebih lama dan upaya lebih besar untuk proses pencernaan).
  • 'Aisyah meriwayatkan, Nabi pernah melarang meminum air dari mulut saqa'  langsung, karena dapat mendatangkan bau tidak sedap. Saqa' adalah wadah air yang terbuat dari kulit.
  • Al-Hafizh al-'Iraqi menuturkan, "Rasulullah tidak bernafas ketika sedang minum, tetapi dia akan menjauhkan wajahnya dari mulut bejana, karena hal itu lebih baik."
  • Minum dengan sekali teguk. Ibnu 'Abbas meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, 'Janganlah kalian minum dengan sekali teguk seperti minumnya seekor unta, tetapi  hendaklah kalian minum dengan dua kali atau tiga kali (teguk). Lalu bacalah basmalah ketika kalian hendak minum dan bacalah hamdalah ketika kalian mengangkat (kepala kalian dari bejana). (HR Tirmidzi).
  • Minum sambil berdiri. Abu Sa'id al-Khudari meriwayatkan, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah melarang minum sambil berdiri. (HR Muslim). Dalam sejumlah hadits shahih disebutkan bahwa Rasulullah pernah minum sambil berdiri, dan itu menunjukkan bahwa minum sambil berdiri itu dibolehkan. Namun yang lebih baik dan utama adalah minum sambil duduk.

***

Baca juga:
Makanan yang Disukai Rasulullah

***

Sumber:

Inilah Makanan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam – Pola Hidup Sehat Rasulullah Dikaji dengan Ilmu Kedokteran Modern (Prof. Dr. Abdul Basith & Muhammad as-Sayyid, Nakhlah Pustaka, Mei 2007)


***
 
#ODOP
#ODOP7
#BloggerMuslimahIndonesia



Related Posts:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar